Lomba Memasak Serba Ikan, Ajak Masyarakat Humbahas Makan Ikan Doloksanggul (…)


Lomba Memasak Serba Ikan salah satu kegiatan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 14 Kabupaten Humbang Hasundutan (18/7) diperlombakan di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul. Kegiatan ini sekaligus mengajak masyarakat untuk gemar memakan ikan dan para ibu-ibu untuk mengolah ikan dengan berbagai variasi.

Turut dalam acara ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Lamhot Hutasoit, MIP, sejumlah SKPD dan para camat se-kabupaten Humbang Hasundutan.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekdakab Humbahas, Saul Situmorang, SE, M.Si menyampaikan lomba masak serba ikan tingkat kabupaten ini diselenggarakan oleh dinas peternakan dan perikanan bekerjasama dengan TP. PKK Kabupaten Humbang Hasundutan dalam rangka mengajak semua masyarakat untuk semakin meningkatkan konsumsi ikan.

 

Dengan mengkonsumsi ikan, akan terwujud sumberdaya manusia yang bermentalitas unggul, melalui pemenuhan sumber pangan hewani, sebagaimana kita ketahui bahwa ikan merupakan sumber protein hewani dan memiliki gizi yang tinggi serta juga memberikan kesehatan dan kecerdasan.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari gerakan masyarakat makan ikan (gemarikan) dan forum  peningkatan konsumsi ikan (forikan) yang diluncurkan pertamakali pada tanggal 4 April 2014 oleh presiden Republik Indonesia yang ke-5 Megawati Soekarno Putri, yang bertujuan mewujudkan masyarakat Indonesia yang kuat, sehat, cerdas dan berpenampilan prima, sekaligus membangun karakter bangsa, yakni mencerdaskan masyarakat secara fisik dan mental dengan mengkonsumsi ikan, serta membangun kesadaran akan kebutuhan gizi maupun kolektif masyarakat.

Pada tahun ini, lomba masak serba ikan diikuti oleh TP. PKK kecamatan se-Kabupaten Humbang Hasundutan, yang nantinya akan mensosialisasikan gerakan memasyarakatkan makan ikan ini untuk mengakselerasikan peningkatan konsumsi ikan di kecamatan masing-masing.

Sementara itu, dalam sambutan tertulisnya Ketua TP PKK, Ny. Lidia Dosmar Banjarnahor yang dibacakan Wakil Ketua II TP. PKK ny. Betti Saul Situmorang, menyampai melalui lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan yang diselenggarakan tahun ini  diharapkan dapat mendorong kreativitas para ibu-ibu khususnya anggota PKK untuk terus berkreasi menciptakan menu baru yang inovatif dan menggali potensi kemampuan para ibu-ibu untuk menyebarluaskan informasi menu makanan berbahan baku ikan kepada masyarakat, khususnya sebagai hidangan keluarga sehari-hari sehingga minat konsumsi ikan semakin meningkat.

Sebagai salah satu komponen dari 4 sehat 5 sempurna, asupan gizi dari ikan asupan gizi dari ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena ikan merupakan sumber bergizi tinggi, mengandung omega 3 yang sangat tinggi dalam pertumbuhan otak khususnya anak balita guna mencerdaskan masyarakat serta generasi penerus bangsa.

Tujuan diadakannya lomba ini bukan semata-mata hanya untuk mencari siapa pemenang juara lomba masak serba ikan, tetapi yang lebih penting adalah untuk meningkatkan pengetahuan para ibu dalam hal pemenuhan guzi keluarga yang bersumber dari ikan.

Ditambahkannya, saya sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Humbang Hasundutan mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta atas segala partisipasinya untuk mengikuti lomba pada hari ini, kepada Pokja III TP PKK Kabupaten, Dinas Peternakan dan Perikanan sebagai penyelenggara dan Kerjasama yang baik ini dapat berjalan secara terus-menerus serta harapan kami kedepan  lomba masak serba ikan ini menjadi agenda tahunan yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan.

Tokoh masyarakat, Maju Lumbangaol yang hadir pada saat itu, memberi sambutan hangat dan menyampaikan, kegiatan ini memang sangat cocok dan pas untuk Kabupaten Humbang Hasundutan, karena di daerah kita ini yang perlu ditingkatkan selain pertanian adalah perikanan yang secara khusus ikan air tawar. Pelatihan-pelatihan dan lomba seperti ini kedepan perlu ditingkatkan dan kami sebagai tokoh masyarakat akan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berkreasi dalam mengolah ikan.

Dalam laporannya, Kadis Peternakan dan Perikanan, Luhut Marbun menyampaikan bahwa peserta kegiatan ini diikuti 10 Tim PKK dari sepuluh kecamatan dan terdiri dari 2 orang anggota TP. PKK Kecamatan.

Pada lomba Serba Ikan ini dewan Juri, Ny. Betti Saul Situmorang dan Ny. Marista Toni Sihombing memutuskan tampil sebagai juara I diraih kecamatan Doloksanggul, Juara II Kecamatan Pollung dan Juara III kecamatan Lintongnihuta.

‘lele na tinombur’, Tinombur merupakan bumbu khas Tapanuli dengan bumbu cabe, kemiri, asam (utte sira), andaliman, bawang merah, garam, kacang tanah, asam sialang dan batang kencung. Sebelum juri menentukan keputusan, juru memperhatikan rasa, penampilan (penyajian) dan kebersihan. (Diskominfo – HH)

gbr-1. Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan, Saul Situmorang, SE, M.Si menyerahkan Piala kepada Kecamatan Doloksanggul sebagai Juara I Lomba Masak Serba Ikan

gbr-2. Ny. Betti Saul Situmorang membacakan sambutan Ketua TP PKK Ny. Lidia Dosmar Banjarnahor pada acara Lomba Masak Serba Ikan