Bupati Humbahas Hadiri MBO dan Jubileum 50 Tahun HKBP Pakkat Dolok di Doloksanggul


Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama pimpinan SKPD hadiri pesta MBO (mameakhon batu ojahan) dan mangompoi (memasuki) sekaligus jubileum 50 tahun HKBP Pakkat Dolok Resort Sosorgonting Distrik III Humbang di Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbahas, Minggu (29/10).  

Selain Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, hadir juga Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit AMd, Kapolres Humbahas AKBP Nicolas SIK, anggota DPRD Humbahas Marolop Manik dan Irwan Simamora SH termasuk Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing.

 

Sebelum acara kebaktian terlebih dahulu dilaksanakan prosesi dan membawa kotak MBO menuju gedung gereja. Kehadiran pucuk pimpinan HKBP dan rombongan Bupati Humbahas disambut dengan tari-tarian sekaligus pengalungan bunga dan pemberian bunga pangku. Pengalungan bunga yang dilakukan anak sekolah minggu itu diberikan kepada Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Ephorus HKBP Pdt Darwin Lumbantobing, Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit dan Kapolres Humbahas AKBP Nicolas SIK termasuk kepada Praeses HKBP Distrik III Humbang dan Pendeta Resort Sosor Gonting.

Panitia jubileum mengatakan HKBP Pakkat Dolok berdiri tahun 1960 atas kesepakatan masyarakat Pakkat Dolok dan Pakkat Toruan. Dulu masyarakat Pakkat Dolok dan Pakkat Toruan beribadah di HKBP Sosor Gonting yang jaraknya tergolong jauh.  Sehingga pada masa itu banyak warga jemaat khususnya para lansia tidak beribadah. Atas dasar itulah HKBP Pakkat Dolok terbentuk atas hasil pemekaran dari HKBP Sosor Gonting. Sampai saat ini HKBP Pakkat Dolok berresort ke HKBP Sosor Gonting.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengatakan acara ini bisa berjalan dengan baik atas berkat kerjasama jemaat HKBP Pakkat Dolok dan berkat Tuhan. Untuk membantu panitia, Pemkab Humbahas memberikan partisipasi Rp 40 juta. Untuk merealisasikan anggaran itu, diminta kepada panitia agar membuat proposal ke Pemkab Humbang Hasundutan.

Acara pesta gereja itu dihadiri utusan dari HKBP Distrik III Humbang, sehingga cukup meriah. Membuat acara semakin semarak dengan tampilnya lagu yang dipersembahkan Kapolres Humbahas AKBP Nicolas SIK dengan lagu “Tangiang Ni Da Inang” dan lagu Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor “Burju Ni Da Inang”. (rel/rhs)