Bangun Hotmix 8 KM Masyarakat Pakkat Sampaikan Ucapan Terima Kasih Kepada Bupati Humbahas


Masyarakat Desa Lumban Tonga-tonga, Desa Sijarango I dan Desa Sijarango Kecamatan Pakkat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Humbang Hasundutan atas terwujudnya pembangunan jalan hotmix sepanjang 8 km di desa tersebut. Ucapan terima kasih tertulis itu dibacakan tokoh masyarakat Pincen Manalu dalam acara tatap muka Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dengan masyarakat Pakkat yang dipusatkan di Desa Sijarango, Kamis (8/3).

 

Isi ucapan terima kasih selengkapnya sebagai berikut. “Kami masyarakat Desa Lumban Tonga-tonga, Desa Sijarango I dan Desa Sijarango Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan, dengan penuh syukur mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor  SE) atas terwujudnya pembangunan jalan hotmix sepanjang 8 km menuju desa kami. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa menyertai bapak dalam melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Sijarango 8 Maret 2018”.  

Asisten Pemerintahan Drs Tonny Sihombing melaporkan, dalam acara tatap muka yang dihadiri ribuan masyarakat itu banyak kegiatan dilaksanakan yang menyentuh langsung dengan masyarakat. Kegiatan itu antara lain penanaman jagung dipandu Rosdiana Ginting (Ny Kapolsek Pakkat AKP Daniel Sembiring) , pelayanan kesehatan yaitu senam sehat, pengobatan gratis seperti pemeriksaan kolesterol, asam urat, gula darah dan pemeriksaan IVA (inspeksi visual dengan asam asesat). Kemudian pelayanan KB meliputi pemasangan implant untuk 40 akseptor, perekaman e-KTP, penerbitan  kartu keluarga dan akte lahir. Bus perpustakan keliling juga disiapkan untuk dibaca-baca masyarakat plus anak sekolah. Bukan hanya itu saja, penyerahan bantuan juga diserahkan seperti pemberian musibah kebakaran berupa buffer stock, pemberian bibit benih ikan mas dan lainnya. Ini dilakukan untuk menyentuh langsung masyarakat. E-KTP, kartu keluarga, akte kelahiran dan bantuan lainnya diserahkan langsung Bupati Humbahas bersama-sama dengan Pabung 0210/TU Mayor Inf Holden Gultom, Kabag Perencanaan Polres Humbahas Kompol TR Manalu, Josep Christian SH dari Kejari Humbahas, Plt Camat Pakkat Makden Sihombing S.Sos dan lainnya.

Mewakili masyarakat B Mahulae mengatakan masyarakat di tiga desa yaitu Lumban Tonga-tonga, Sijarango I dan Sijarango pantas bersyukur atas pembangunan hotmix sepanjang 8 km. Ini sejarah baru karena pembangunan jalan sepanjang 8 km bisa terwujud sekaligus. Ini terobosan baru untuk menambah kesejahteran masyarakat. Ucapan itu disambut tepuk tangan ribuan masyarakat yang hadir. Begitu juga program Bupati Humbahas penanaman jagung, ini juga menambah penghasilan dan mensejahterahkan masyarakat. Kedepan, pembangunan seperti itu bisa dilanjutkan  agar masyarakat bertambah sejahtera.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dalam arahannya menjelaskan tatap muka seperti ini sebagai bentuk nyata upaya Pemkab Humbahas untuk mengindentifikasi kebutuhan rill masyarakat. Sehingga visi misi Humbang Hasundutan yang hebat dan bermentalitas unggul bisa terwujud. Pada APBD 2017, pembangunan fisik melalui belanja modal sebesar Rp 224.702.953.707, sebanyak Rp 71.546.781.395 dialokasikan di wilayah Papatar (Pakkat-Parlilitan-Tarabintang). Sementara khusus di Pakkat sebesar Rp 28.932.549.110 yaitu untuk peningkatan jalan Pakkat-Sijarango 8,7 km, Jalan Parbotihan-Pulo Godang-Temba 4,8 km. Pengaspalan jalan Pakkat-Sobokkare 700 meter dan lainnya.  Untuk tahun 2018 ini, anggaran pembangunan di Papatar sudah ditampung Rp 30 miliar lebih, Rp 12 miliar khusus di Kecamatan Pakkat.  Pembangunan ini bisa terlaksana berkat dukungan dan partisipasi masyarakat. Pemerintah tidak bisa bekerja tanpa masyarakat. Mewujudkan pembangunan harus saling bahu membahu.

Dikatakan lagi, Kabupaten Humbahas memiliki potensi yang besar bidang pertanian. Tanah Humbang Hasundutan cukup luas dan subur.  Demi meningkatkan kesejahteraan, agar masyarakat lebih semangat lagi bekerja. Tanaman di Pakkat agar dikelola dengan baik, pohon karet jangan ditebang tapi harus diurus karena suatu saat harga pasti mahal. Saat ini Pemkab Humbahas memprogramkan penanaman jagung. Program ini merupakan bagian pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani. Untuk mendengar keluhan, saran dan usul, masyarakat langsung berdialog dengan Bupati Humbang Hasundutan dipandu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs Lamhot Hutasoit.  

Sebagai tanda ucapan syukur atas pembangunan di Pakkat, masyarakat memberikan cendramata berupa ulos kepada Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE termasuk kepada Pabung 0210/TU Mayor Inf Holden Gultom, Kabag Perencanaan Polres Humbahas Kompol TR Manalu dan Josep Christian SH. Acara cukup menarik, karena rombongan Bupati Humbahas disambut tari-tarian dari SMPN Satu Atap 6 Pakkat.